Kekurangan itu bisa menjadi karisma tersendiri, Aku bersyukur menjadi diriku, tak ada orang yang sepertiku. Risna, kamu harus beryukur tiap saat yah! Kalo lupa, tilawah hari ini nambah satu lembar. Janji?

Senin, 05 Maret 2012

Seperti Nyenye' dan Nyunyu'

Namanya Nyenye' (Cara penyebutan "e"nya seperti menyebut Kecap bukan Keras) dan Nyunyu'. Dia masih bayi dan terlalu imut untuk dipegang. Dia didatangkan oleh adikku yang paling kecil, katanya, "pengen temen baru". Terus dijawab sama boz, "ya okelah kalau begitu ^^". Apa boleh buat, ketika melihatnya aku dan adik pertamaku pun ikut jatuh hati pada dua pendatang baru ini.

Gayanya lucu banget, ya seperti bayi-bayi pada umumnya, cuma mereka terkesan lebih lincah. Apalagi si Putih Nyunyu', sering banget minta keluar dari rumah. Sempet berontak dan gigit-gigit gitu. Sebagai pengasuhnya, tentu kami tak akan membiarkannya keluar begitu saja. "Nanti dia nggak pulang-pulang dan nggak tega juga nangkepin mereka yang masih sangat imut itu, yang ada malah yang ngejaga teriak-teriak histeris, wkwk," begitu kata kami.

Hemm, nggak kerasa sudah seminggu lebih dia tinggal bersama kami. Sempat berpikir, "Apakah orang tuanya mencarinya atau malah melupakannya?". Entahlah kami juga tak tahu pasti apakah mereka bersaudara atau hanya dipasangkan oleh penjaganya sebelum kami. Yang jelas kami sekarang mencoba memberikan yang terbaik untuknya, walaupun kadang-kadang lupa memberinya makan dan minum. Ah semoga dia tidak kelaparan dan kehausan apalagi menyesal bersama kami. ^^

Pagi tadi, aku bahkan sepertinya kami semua lupa melihat keadaannya. Hingga tubuh mereka berdua terlihat menggigil. Langsung kulihat apa yang terjadi pada mereka berdua, "Ohhh tidaak, tempat mereka tidur semalam telah basah, dot yang terpasang sepertinya tumpah ke dalam "kasurnya". Penghangat yang disediakanpun ikut-ikutan basah. Walhasil mereka terlihat sangat kedinginan. Aku sudah tak sempat membersihkannya karena harus pergi dan memang aku tak biasa membersihkan tempat tidur mereka. You know why? Itu karena tempat tidur mereka bau pesing sekali dan terlihat kotoran-kotoran mereka berhamburan ke sana kemari. Jadi kuputuskan untuk menumpuk penghangat baru di tempat tidur mereka dan membawa mereka ke tempat yang lebih hangat(terkena sinar matahari). "Hmm, semoga mereka tak lagi kedinginan," ujarku sembari kembali bersiap untuk pergi.

Yupz, begitulah kisah Nyenye' dan Nyunyu' yang kini berada di rumahku. Dua makhluk yang berukuran mini dan mirip sekali dengan tikus itu(hanya saja ekornya sangat pendek) diam-diam mengajarkan kisah tersendiri untukku. Mereka lucu(bagi yang suka binatang ini tentunya) dan kita ingin sekali bermain-main dengannya. Namun ketika ia kotor, ia tidak mampu membersihkan dirinya sendiri. Ia harus mengandalkan manusia untuk membersihkan kandangnya. Dan sialnya, tidak semua orang mau membersihkannya di saat ia kotor. Padahal kita sadar dan tahu pasti tak enak rasanya berada di tempat yang kotor. Pasti Nyenye' dan Nyunyu" risih dengan keadaan seperti itu.

Dan kita yang bisa membersihkan diri kita sendiri,

Saat sadar sedang membutuhkan pembersihan diri,

Saat sadar sedang ingin sebuah kebahagiaan,

Justru kita malas membuatnya kembali bersih

Justru kita lebih sering membiarkan diri kita dalam keadaan tidak bersih,

Kita terlalu mudah merelakan diri kita terpercik lumpur,

Aku jadi malu pada hamster yang walaupun tidak diberikan kemampuan untuk membersihkan dirinya dan rumahnya, namun ia masih bisa merasakan risih karena tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya yang hampir semalaman terkena air.

Aku jadi malu pada Nyenye' dan Nyunyu' yang walaupun tidak kuasa menghiindari gelinangan air tersebut,

Namun ia tahu ia harus mengamankan badannya dengan naik di atas putarannya.

Tidak ada komentar: