Kekurangan itu bisa menjadi karisma tersendiri, Aku bersyukur menjadi diriku, tak ada orang yang sepertiku. Risna, kamu harus beryukur tiap saat yah! Kalo lupa, tilawah hari ini nambah satu lembar. Janji?

Senin, 24 Agustus 2009

Setetes Embun Metamorphosis Cinta


Ini aku sisipkan sepenggal kata
Memintamu simpankannya dalam memori
Bukalah bila tak lagi menemukanku
Bila saja ending telah menyapa kisahku
Jangan kau jilid ulang lembaran-lembaran itu
Biar bersampul lusuh dengan cetakan-cetakan asli dariku
Biar dengan intonasi yang telah aku gariskan
Tanpa tambahan majas ataupun kiasan
Aku tak butuh litotes untuk merendahkan diriku
Akupun tak butuh hiperbola agar mereka menatapku
Tak perlu kau taburi ameliorasi ataupun sinestesia
Dan jangan sekali-kali memberi peyorasi dalam karyaku
Bingkaikan aku dengan bahan apapun yang kau punya


Metamorphosiscinta. Alhamdulillah, segala puji dan syukurku hanya kuhaturkan pada Allah Swt, Tuhan semesta Alam, yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang memiliki hari pembalasan. Hanya kepada-Nya lah kita menyembah dan hanya kepada Dia-lah kita wajib memohon pertolongan. Mintalah pada-Nya agar kita selalu ditunjuki jalan-jalan yang lurus. Yaitu orang-orang yang telah di beri Nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai,dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabiyullah SAW yang telah dengan susah payah bahkan dengan darah beliau telah mengizinkan kita untuk menghirup indahnya berislam. Serta untuk para sahabat, istri, dan keluarga beliau, hingga para pendahulu kita yang istiqamah hingga akhir zaman.
Tak pernah bosan kuserukan kalimat ‘selamat bermetamorpshosis’ bagi kita semua. Karena kuyakin tiap insan ingin berupaya membuat dirinya lebih baik dari sebelumnya. Jika seekor kupu-kupu yang cantik harus mengalami perjalanan yang panjang sebelum akhirnya ia menjadi cantik, maka manusiapun harus mendapatkan perlakuan yang sama sebelum akhirnya ia siap diorbitkan menjadi insan yang luar biasa. Siap ditempa, sakit, dan menderita sebelum akhirnya menjadi insan dambaan umat. Tulisan-tulisan diblog ini kupersembahkan untuk semua yang ingin menjadi kupu-kupu cantik terbang menggapai langit tanpa banyak yang mampu menyentuhnya. Ku ingin menciptakan ia yang senantiasa cinta pada Rabbnya, ia yang taqwanya menghunjam kuat dalam raga dan jiwanya, ia yang pandai bersyukur pada Rabbnya yang memberikan puluhan bahkan puluhan ribu nikmat, ia yang tampak kuat walau sedang lemah, ia yang tampak tegar setegar karang walau dilanda musibah, ia yang tampak tenang walau dilanda gundah, ia yang pantang mengeluh walau badai menghadang tiada henti, dan ia yang pandai mengambil ibrah atas segala sesuatu yang menimpanya. Aku tak menganjurkan untuk mengeluh, namun jika ada pelajaran di dalamnya seperti yang sering kutuliskan di Babarata(bagi-bagi rasa dan cerita) lakukan namun jangan terlalu sering, Tapi jika dengan mengeluh hanya akan meluluh lantahkan semangat dan azzam yang telah terpatri kuat di dalam dada, jadikan saja keluhan itu musuh besar bagimu. Naudzubillah, semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang yang suka mengeluh. Amin.
Kutulis blog ini karena kecintaanku yang mendalam terhadap metamorphosis. Kutulis untuk sarana saling mengingatkan, bahkan tak jarang dengan tulisan ini justru telah mengingatkan diriku sendiri. Kutulis Babarata karena kuhargai pengalamanku yang dibaliknya ternyata ada buah yang bisa kupetik dan kubagikan untuk orang lain agar yang lainpun bisa merasakan buahnya. Sebagaimana Allah telah berfirman dalam kitab terindahnya surah Ar-Ra’d: 17,”….Adapun buih itu akan hilang sebagai sesuatu yang tiada harganya, adapun yang memberi manfaat pada manusia, ia akan tetap tinggal di bumi.” Aku tak mau menjadi buih yang cepat menhilang, kuingin adanya diriku memberikan sumbangsih terbaik yang bisa kuberikan untuk agamaku. Aku tak takut ilmuku akan hilang, karena Allah tak akan memutus ilmuku karena telah kubagikan, bahkan justru ia akan bertambah. Kutulis artikel, puisi dan cerpen sebagai apresiasiku untuk mengetuk pintu hati yang terkadang kehilangan kunci juga sebagai pendobrak semangat perubahan. Kusertakan juga sirah dan tulisan-tulisan dari sumber lain sebagai penanda betapa dahsyatnya Islam itu dengan para pendahulu yang luar biasa. Kusadur beberapa tips untuk dipraktekkan. Kubukakan wawasanmu dengan memasukkan beberapa blog yang bisa kau buka kapan saja. Kuberikan juga beberapa essay berbahasa inggris agar bisa menjadi referensi bagi yang harus menulis essay (kalau ada kesalahan dalam grammatical tolong dikoreksi karena essay yang kucantumkan pasti banyak kurangnya). Yang perlu kusadari tulisanku bukanlah tulisan sang penulis ulung. Tentu banyak kurang dan cacatnya. Tapi semoga bisa memberikan sedikit kontribusi dalam metamorphosis dan wawasanmu. Saran dan Kripik pedasnya selalu kunanti. Komentar saja seandainya apa yang kutulis ternyata tidak benar, agar tulisan-tulisan ini bisa mendapat perbaikan. Pesan terakhirku, berbagilah dengan menulis karena menulis adalah sarana ampuh yang bisa menghipnotis pembaca untuk mengerjakan sugesti sang penulis. Paparkan, puji, dan gertaklah orang-orang di sekitar dengan tulisanmu. Akhirul kalam, semoga Allah mengampuni segala kesalahanku. Amin.

Aku memang bukan penerjemah Inggris, Arabia, ataupun Prancis
Yang mampu pahami kata demi kata dengan vocabulary yang mereka miliki
Tapi semoga kupaham sedang butuh apa saudaraku saat ini

Aku memang bukan Thomson yang mengalahkan teori Dalton karena penemuan atom positifnya
Walau Rutherford pun ternyata mematahkannya
Tapi semoga kumampu mengalahkan keengganan dalam mengingatkanmu

Bahkan aku bukan seorang Christian Bautista
Dengan wajah yang memikat dan suara khas sang biduan
Dengan tema colour everywhere nya
Tapi semoga kumampu mengisi waktu luangku untuk mengingat Rabbku
Dan mampu getarkan hatimu dalam semangat perubahan

Berusahalah untuk memahami bukan dipahami…
SELAMAT BERMETAMORPHOSIS..^_^..

Tidak ada komentar: