Kekurangan itu bisa menjadi karisma tersendiri, Aku bersyukur menjadi diriku, tak ada orang yang sepertiku. Risna, kamu harus beryukur tiap saat yah! Kalo lupa, tilawah hari ini nambah satu lembar. Janji?

Senin, 24 Agustus 2009

Lebih Dekat dengan Perpustakaan Universitas Mulawarman: Tingkatkan Budaya Membaca di Lingkungan Kampus! (Interviewer: Rhyzna_metamorphosiscinta)

Metamoprhosiscinta. “Perpustakaan Universitas Mulawarman berdiri pada tanggal 27 September 1966 bersamaan dengan berdirinya Universitas Mulawarman. Pada tahun pertama, UPT Perpustakaan ini berlokasi di Jalan Flores dengan luas 1000 m2. Kemudian pada tahun 1993, mulailah gedung perpustakaan ini dibangun di Jl. Kuaro No.3 dengan luas lima kali lipat dari sebelumnya sebagai penggabungan perpustakaan pusat seluruh fakultas yang ada di Universitas Mulawarman. Namun karena ada persyaratan akreditasi yang menyatakan setiap fakultas harus memiliki perpustakaan sendiri, maka perpustakaan tidak lagi menjadi pusat suplay buku utama, tetapi menjadi main induknya perpustakaan seluruh fakultas,” papar Subiantoro, SE, Kepala bagian perpustakaan(19/8).
“Perpustakaan yang memiliki kurang lebih 25.000 judul buku dan 64.000 eksemplar buku ini berbasis DDC. Maksudnya, pencarian buku dilakukan dengan sistem katalog, misalnya setiap subjek, judul buku, dan pengarangnya akan ditampilkan di katalog tersebut. Perpustakaan ini juga menyimpan ribuan judul skripsi sejak tahun 1972. Mungkin sampai sekarang berkisar antara 25.000-30.000 judul skripsi dengan asumsi perpustakaan mempunyai kemampuan untuk menyimpan karya civitas akademika yang sudah menyelesaikan kuliahnya sebagai arsip yang suatu saat bisa digunakan kembali guna melayani kebutuhan civitas akademika. ” lanjutnya.
“Seminggu yang lalu rektor Universitas Mulawarman, Prof. Dr. Ir. H. Ach. Ariffien Bratawinata, M. Agr memberikan jabatan temporari pada Ramadiani, S.Pd, M.Kom sebagai Direktur Eksekutif perpustakaan (lebih tinggi dari ka. Bag. Perpustakaan, red), tapi sekarang beliau belum ngantor,” jelasnya lagi.
“Demi keprofesionalan kerja, berbagai pengembangan terus dilakukan pihak perpustakaan yang memliki 36 pegawai ini. Seperti memberikan fasilitas hotspot agar minat membaca civitas akademika meningkat, meminta judul-judul buku dari fakultas guna melengkapi koleksi buku, penyetaraan file dan mengevaluasi data peminjam buku perpustakaan. Dari hasil evaluasi data ternyata yang banyak dipinjam adalah buku berbahasa Indonesia dan skripsi menempati posisi teratas dalam deretan peminjaman buku, Menurut data yang masuk, perpustakaan banyak dikunjungi pada hari senin, selasa, dan menjelang wisuda. Dan kebanyakan yang datang ke sini adalah mahasiswa dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi, dan fakultas ilmu sosial dan politik.” tutur Bapak separuh baya ini.
“Kami juga telah berlangganan E-Journal Internasional untuk meningkatkan daya saing. Sekitar 70.000 judul topik dari berbagai bidang ilmu dapat ditemui dengan mengakses E-Journal ini. Sayang sekali seandainya akses ini tidak digunakan, karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, 500 juta rupiah,” ungkap Subiantoro.
“Saat ini perpustakaan juga sedang merencanakan beberapa agenda untuk peningkatan iklim membaca di kawasan kampus. Harapannya yang bergerak tidak hanya kami, tetapi UKM dan civitas akademika juga turut andil dalam penyuksesan budaya membaca ini. Kami mengajak mahasiswa untuk mengadakan kegiatan di perpustakaan ini. Mahasiswa bisa membentuk kelompok kajian dan membahas isu-isu global di kawasan perpustakaan, mengadakan diskusi, bedah buku, atau pemutaran film-film dokumenter dengan koleksi yang kami punya, kemudian ditarik kesimpulan yang siap didokumentasikan di perpustakaan. Kami juga sebenarnya sudah menyediakan ruang simulasi untuk civitas akademika. Ruang ini adalah ruang untuk belajar sendiri apa yang ingin dipelajari. Di dalamnya pengguna bisa mempresentasikan secara langsung apa yang ingin ia pelajari, misalnya memutar kaset tarian Dayak, jadi tarian Dayak yang di monitor disandingkan dengan dirinya sendiri. Namun saat ini belum terwujud karena beberapa penunjang yang belum tersedia. Kami juga mempunyai wacana yang telah disetujui rektor yaitu menyediakan mobil pintar. Jadi bentuknya perpustakaan berjalan yang melayani seluruh kalangan, baik sekolah maupun umum. Kami akan menyediakan buku-buku bacaan, leaflet, komputer dan apa-apa yang dimiliki perpustakaan Universitas Mulawarman dengan berkeliling ke seluruh kota Samarinda. Ini bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan di masyarakat dan mengenalkan siswa Sekolah Menengah Atas bacaan tingkat universitas sebagai sarana antisipasi sebelum memasuki perkuliahan. Tuturnya lagi.
“Yah, semua solusi bisa dipetik, tapi yang mana yang sesuai, itulah yang nantinya akan terealisasikan.” Subiantoro mengakhiri.

Narasumber :
Nama :Subiantoro, SE (Kepala Perpustakaan Universitas Mulawarman)
Kantor :UPT Perpustakaan, gedung A19 Kampus Gn. Kelua. Jalan Kuaro No. 3 Samarinda 75119. Telp/ Fax (0541) 739892. E-mail: elib@unmul.ac.id. http://elib.unmul.ac.id
Alamat Rumah :Jl. Dayak Basap Blok L No. 16 Perum.Unmul Sempaja Samarinda 75119. Telp.(0541)251619/ Hp. 08125853978

Akses E-Journal Internasional UPT. Perpustakaan Universitas Mulawarman Samarinda:
1. http://www.proquest.com/pqdauto
auto connect di kampus
2. http://www.proquest.com/pqdweb
User ID : 39WDPQX9HS
Password : pqunmul
3. http://infotrac.galegroup.com/itweb
User ID : ptn055
Password : succes
4. http://search.ebscohost.com/
User ID : ns003837
Password : password

1 komentar:

Easy Speak mengatakan...

Lowongan Kerja English Tutor Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang Samarinda & Balikpapan. Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com. Atau hubungi No Telp 0541-273163 (Samarinda) dan 0542-737537 (Balikpapan). Kunjungi www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.